A. Capaian
Pembelajaran :
peserta
didik mampu memahami konsep-konsep dasar manusia, ruang, waktu, diakronik
(kronologi), sinkronik, guna sejarah, sejarah dan teori sosial, metode
penelitian sejarah, serta sejarah lokal yang diberikan melalui konten Pengantar
Ilmu Sejarah. Selain itu, melalui literasi dan diskusi peserta didik mampu
menjelaskan Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia.
B. Capaian
Pembelajaeran Per Tahun
Keterampilan Konsep Sejarah (Historical
Conceptual Skills) |
Pada akhir fase ini, peserta didik mampu
memahami konsep-konsep dasar dalam sejarah dan mengaitkannya dengan kehidupan
sehari-hari; memahami peran manusia dalam menciptakan dan menggerakkan
sejarah; memahami sejarah dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global;
memahami sejarah dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; dan
memahami peristiwa sejarah dalam urutan waktu yang memanjang secara proses
(diakronik/kronologis). |
Keterampilan Berpikir Sejarah (Historical Thinking
Skills) |
Pada
akhir fase ini, peserta didik mampu: menjelaskan peristiwa sejarah secara
diakronik (kronologi) dan menitikberatkan pada proses; menjelaskan peristiwa
sejarah berdasarkan hubungan sebab-akibat; melakukan analisis dan sintesis;
melakukan uji autentisitas dan kredibilitas dalam informasi atau berita di
kehidupan sehari-hari; mengaitkan peristiwa sejarah dengan kehidupan
sehari-hari; dan menempatkan peristiwa sejarah pada konteks zamannya. |
Kesadaran
Sejarah (Historical Consciousness) |
Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu: melihat peristiwa sejarah dalam perspektif masa lalu,
masa kini, dan masa depan; dan mengambil hikmah dari peristiwa sejarah. |
Penelitian
Sejarah (Historical Research) |
Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu melakukan penelitian sejarah lokal dimulai dari
lingkungan terdekat (sejarah keluarga, sejarah sekolah, sampai sejarah
perjuangan daerah); mengumpulkan sumber-sumber primer maupun sekunder melalui
sarana lingkungan sekitar, perpustakaan, dan internet; melakukan seleksi dan
kritik terhadap sumber-sumber primer maupun sekunder; melakukan penafsiran
untuk mendeskripsikan makna di balik sumber-sumber primer dan sekunder; dan
menuliskan hasil penelitian dalam bentuk historiografi. |
Keterampilan Praktis Sejarah (Historical
Practice Skills) |
Pada akhir fase ini,
peserta didik mampu membaca buku teks sejarah; menuliskan dan menceritakan
sejarah pribadi, keluarga, atau sekolah; dan mengolah informasi sejarah
secara manual maupun digital dalam berbagai bentuk aplikasi sejarah, rekaman
suara, film dokumenter, foto, maket, vlog, timeline, story board, infografis,
videografis, komik, poster, dan lain-lain. |
C. Alur
Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN |
KATA KUNCI |
Glosarium |
10.1 Menjelaskan
konsep sinkronik, diakronik, kausalitas, dan keberlanjutan melalui
peristiwa-peristiwa sejarah yang ada di daerahnya |
Berfikir Sejarah, Sinkronik, Diakronik, Kronologi, Kausalitas, Berkelanjutan,
Peristiwa Sejarah |
Kronologis : berkenaan dengan kronologi; menurut urutan waktu
(dalam penyusunan sejumlah kejadian atau peristiwa) Sinkronik : berpikir meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam
waktu Diakronik : adalah memanjang dalam waktu tetap menyempit dalam
ruang. |
10.2 Menghubungkan
antara konsep berfikir sejarah dengan peristiwa yang terjadi pada wilayah
masing-masing |
Peristiwa Sejarah, Berfikir Sejarah |
|
10.3 Melakukan
penulisan sumber sejarah mengenai sejarah terdekat (Keluarga) secara
kronologis |
Penulisan Sejarah, Sumber Sejarah, Kronologis |
Asal-Usul : asal keturunan; silsilah; susur galur Kebudayaan : hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi)
manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat Nenek Moyang : leluhur teori : pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan,
didukung oleh data dan argumentasi Sejarah : pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian
yang benar-benar terjadi dalam masa lampau |
10.4 Mendesain sebuah penelitian
sejarah lokal di wilayahnya berdasarkan pada langkah-langkah penelitian
sejarah |
Penelitian Sejarah, Langkah-langkah penelitian Sejarah |
|
10.6 Mengidentifikasi
kehidupan awal manusia yang ada di Indonesia |
Kehidupan Awal Manusia |
|
10.7 Mengidentifikasi
hasil-hasil kebudayaan pada masa praaksara di Indonesia |
Kebudayaan, Praaksara |
|
10.8 Menjelaskan asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu) |
Nenek Moyang, Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu |
|
10.9 Mengaitkan hubungan antara kehidupan awal manusia di
Indonesia dengan dunia |
Nenek Moyang, Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu, Teori,
Asal-usul |
|
10.10 Membuat sebuah
video singkat mengenai penjelasan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
disertai dengan bukti-bukti peninggalannya berdasarkan pada teori-teori yang
ada |
D. Rasional
Didasari
pada capaian pembelajaran dimana peserta didik mampu memahami konsep-konsep
dasar manusia, ruang, waktu, diakronik (kronologi), sinkronik, guna sejarah,
sejarah dan teori sosial, metode penelitian sejarah, serta sejarah lokal yang
diberikan melalui konten Pengantar Ilmu Sejarah. Selain itu, melalui literasi
dan diskusi peserta didik mampu menjelaskan Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia.
Alur Tujuan Pembelajaran yang disusun dimulai dari pemahaman konsep sejarah
hingga pada Asal Usul nenek moyang bangsa Indonesia yang diupayakan runtut
mulai pemahaman konsep hingga pada akhirnya setiap peserta didik dapat membuat
sebuah karya sejarah sederhana.
E. Profil
Pelajar Pancasila
Melalui
pembelajaran sejarah, diharapkan siswa:
1. Iman dan Taqwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.
2. Berkebhinekaan Global..
3. Bergotong Royong.
4. Mandiri.
5. Bernalar Kritis.
F. Jumlah
Jam : 48
G. Indikator
Penilaian
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN |
INDIKATOR PENILAIAN |
10.1 Menjelaskan
konsep sinkronik, diakronik, kausalitas, dan keberlanjutan melalui
peristiwa-peristiwa sejarah yang ada di daerahnya |
1.
Menjelaskan konsep dan contoh berfikir sinkronis. 2.
Menjelaskan konsep dan contoh berfikir
diakronis. 3.
Menjelaskan konsep dan contoh berfikir
kausalitas. 4.
Menjelaskan konsep dan contoh berfikir
kronologis. 5.
Menjelaskan konsep dan contoh berfikir
periodisasi. |
10.2 Menghubungkan
antara konsep berfikir sejarah dengan peristiwa yang terjadi pada wilayah
masing-masing |
1.
Menjelaskan jenis dan macam sumber sejarah 2.
Menyampaikan peristiwa yang termasuk pada
peristiwa sejarah berdasarkan pada sumber sejarah |
10.3 Melakukan
penulisan sumber sejarah mengenai sejarah terdekat (Keluarga) secara
kronologis |
1.
Membuat sebuat tulisan sejarah keluarga 2.
Memberikan bukti sumber-sumber sejarah untuk
tulisan yang dibuat |
10.4 Mendesain sebuah
penelitian sejarah lokal di wilayahnya berdasarkan pada langkah-langkah
penelitian sejarah |
1.
Menjelaskan langkah-langkah penelitian sejarah 2.
Membuat desain penelitian sejarah |
10.6 Mengidentifikasi
kehidupan awal manusia yang ada di Indonesia |
1.
Menjelaskan pengertian manusia praaksara 2.
Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di
Indonesia 3.
Mengidentifikasi pola hidup manusia praaksara
yang ada di Indonesia |
10.7 Mengidentifikasi
hasil-hasil kebudayaan pada masa praaksara di Indonesia |
1.
Menjelaskan kebudayaan manusia pada masa
praaksara di Indonesia 2.
Memberikan contoh hasil kebudayaan praaksaran
di Indonesia baik dalam bentuk benda maupun non benda 3.
Mengkaitkan hasil kebudayaan masyarakat
praaksara yang masih berlanjut hingga masa kini |
10.8 Menjelaskan asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu) |
1.
Menjelaskan asal usul nenek moyang bangsa
Indonesia berdasrakan pada teori-teori yang ada 2.
Mengidentifikasi asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia berdasarkan pada kesamaan fisik dan juga non fisik |
10.9 Mengaitkan hubungan antara kehidupan awal manusia di
Indonesia dengan dunia |
1.
Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di
Asia 2.
Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di
Eropa 3.
Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di
Afrika 4.
Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan
antara manusia praaksara di Indonesia dengan yang ada di Asia, Eropa, dan
Afrika |
10.10 Membuat sebuah
video singkat mengenai penjelasan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia
disertai dengan bukti-bukti peninggalannya berdasarkan pada teori-teori yang
ada |
1.
Membuat video singkat (bias berupa vlog,
liputan, penjelasan), dengan durasi maksimal 15 menit 2.
Menayangkan video yang telah dibuat pada media
sosial |
Posting Komentar