Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Sejarah Fase E Kelas X SMA

 


 

A.    Capaian Pembelajaran :

peserta didik mampu memahami konsep-konsep dasar manusia, ruang, waktu, diakronik (kronologi), sinkronik, guna sejarah, sejarah dan teori sosial, metode penelitian sejarah, serta sejarah lokal yang diberikan melalui konten Pengantar Ilmu Sejarah. Selain itu, melalui literasi dan diskusi peserta didik mampu menjelaskan Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia.

B.     Capaian Pembelajaeran Per Tahun

Keterampilan Konsep Sejarah (Historical Conceptual Skills)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami konsep-konsep dasar dalam sejarah dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari; memahami peran manusia dalam menciptakan dan menggerakkan sejarah; memahami sejarah dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; memahami sejarah dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; dan memahami peristiwa sejarah dalam urutan waktu yang memanjang secara proses (diakronik/kronologis).

Keterampilan Berpikir Sejarah (Historical Thinking Skills)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu: menjelaskan peristiwa sejarah secara diakronik (kronologi) dan menitikberatkan pada proses; menjelaskan peristiwa sejarah berdasarkan hubungan sebab-akibat; melakukan analisis dan sintesis; melakukan uji autentisitas dan kredibilitas dalam informasi atau berita di kehidupan sehari-hari; mengaitkan peristiwa sejarah dengan kehidupan sehari-hari; dan menempatkan peristiwa sejarah pada konteks zamannya.

Kesadaran Sejarah (Historical Consciousness)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu: melihat peristiwa sejarah dalam perspektif masa lalu, masa kini, dan masa depan; dan mengambil hikmah dari peristiwa sejarah.

Penelitian Sejarah (Historical Research)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sejarah lokal dimulai dari lingkungan terdekat (sejarah keluarga, sejarah sekolah, sampai sejarah perjuangan daerah); mengumpulkan sumber-sumber primer maupun sekunder melalui sarana lingkungan sekitar, perpustakaan, dan internet; melakukan seleksi dan kritik terhadap sumber-sumber primer maupun sekunder; melakukan penafsiran untuk mendeskripsikan makna di balik sumber-sumber primer dan sekunder; dan menuliskan hasil penelitian dalam bentuk historiografi.

Keterampilan Praktis Sejarah (Historical Practice Skills)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu membaca buku teks sejarah; menuliskan dan menceritakan sejarah pribadi, keluarga, atau sekolah; dan mengolah informasi sejarah secara manual maupun digital dalam berbagai bentuk aplikasi sejarah, rekaman suara, film dokumenter, foto, maket, vlog, timeline, story board, infografis, videografis, komik, poster, dan lain-lain.

 

C.     Alur Tujuan Pembelajaran

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

KATA KUNCI

Glosarium

10.1 Menjelaskan konsep sinkronik, diakronik, kausalitas, dan keberlanjutan melalui peristiwa-peristiwa sejarah yang ada di daerahnya

Berfikir Sejarah, Sinkronik, Diakronik, Kronologi, Kausalitas, Berkelanjutan, Peristiwa Sejarah

Kronologis : berkenaan dengan kronologi; menurut urutan waktu (dalam penyusunan sejumlah kejadian atau peristiwa)

Sinkronik : berpikir meluas dalam ruang tetapi terbatas dalam waktu

Diakronik : adalah memanjang dalam waktu tetap menyempit dalam ruang.

10.2 Menghubungkan antara konsep berfikir sejarah dengan peristiwa yang terjadi pada wilayah masing-masing

Peristiwa Sejarah, Berfikir Sejarah

10.3 Melakukan penulisan sumber sejarah mengenai sejarah terdekat (Keluarga) secara kronologis

Penulisan Sejarah, Sumber Sejarah, Kronologis

Asal-Usul : asal keturunan; silsilah; susur galur

Kebudayaan : hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budi) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat istiadat

Nenek Moyang : leluhur

teori : pendapat yang didasarkan pada penelitian dan penemuan, didukung oleh data dan argumentasi

Sejarah : pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dalam masa lampau

10.4 Mendesain sebuah penelitian sejarah lokal di wilayahnya berdasarkan pada langkah-langkah penelitian sejarah

Penelitian Sejarah, Langkah-langkah penelitian Sejarah

10.6 Mengidentifikasi kehidupan awal manusia yang ada di Indonesia

Kehidupan Awal Manusia

10.7 Mengidentifikasi hasil-hasil kebudayaan pada masa praaksara di Indonesia

Kebudayaan, Praaksara

10.8 Menjelaskan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu)

Nenek Moyang, Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu

10.9 Mengaitkan  hubungan antara kehidupan awal manusia di Indonesia dengan dunia

Nenek Moyang, Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu, Teori, Asal-usul

10.10 Membuat sebuah video singkat mengenai penjelasan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia disertai dengan bukti-bukti peninggalannya berdasarkan pada teori-teori yang ada

 

D.    Rasional

Didasari pada capaian pembelajaran dimana peserta didik mampu memahami konsep-konsep dasar manusia, ruang, waktu, diakronik (kronologi), sinkronik, guna sejarah, sejarah dan teori sosial, metode penelitian sejarah, serta sejarah lokal yang diberikan melalui konten Pengantar Ilmu Sejarah. Selain itu, melalui literasi dan diskusi peserta didik mampu menjelaskan Asal-Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Alur Tujuan Pembelajaran yang disusun dimulai dari pemahaman konsep sejarah hingga pada Asal Usul nenek moyang bangsa Indonesia yang diupayakan runtut mulai pemahaman konsep hingga pada akhirnya setiap peserta didik dapat membuat sebuah karya sejarah sederhana.

 

E.     Profil Pelajar Pancasila

 Melalui pembelajaran sejarah, diharapkan siswa:

1.    Iman dan Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia.

2.    Berkebhinekaan Global..

3.    Bergotong Royong.

4.    Mandiri.

5.    Bernalar Kritis.

 

F.      Jumlah Jam : 48

G.    Indikator Penilaian

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR PENILAIAN

10.1 Menjelaskan konsep sinkronik, diakronik, kausalitas, dan keberlanjutan melalui peristiwa-peristiwa sejarah yang ada di daerahnya

1.    Menjelaskan konsep dan contoh berfikir sinkronis.

2.    Menjelaskan konsep dan contoh berfikir diakronis.

3.    Menjelaskan konsep dan contoh berfikir kausalitas.

4.    Menjelaskan konsep dan contoh berfikir kronologis.

5.      Menjelaskan konsep dan contoh berfikir periodisasi.

10.2 Menghubungkan antara konsep berfikir sejarah dengan peristiwa yang terjadi pada wilayah masing-masing

1.      Menjelaskan jenis dan macam sumber sejarah

2.      Menyampaikan peristiwa yang termasuk pada peristiwa sejarah berdasarkan pada sumber sejarah

 

10.3 Melakukan penulisan sumber sejarah mengenai sejarah terdekat (Keluarga) secara kronologis

1.      Membuat sebuat tulisan sejarah keluarga

2.      Memberikan bukti sumber-sumber sejarah untuk tulisan yang dibuat

10.4 Mendesain sebuah penelitian sejarah lokal di wilayahnya berdasarkan pada langkah-langkah penelitian sejarah

1.      Menjelaskan langkah-langkah penelitian sejarah

2.      Membuat desain penelitian sejarah

10.6 Mengidentifikasi kehidupan awal manusia yang ada di Indonesia

1.      Menjelaskan pengertian manusia praaksara

2.      Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di Indonesia

3.      Mengidentifikasi pola hidup manusia praaksara yang ada di Indonesia

10.7 Mengidentifikasi hasil-hasil kebudayaan pada masa praaksara di Indonesia

1.      Menjelaskan kebudayaan manusia pada masa praaksara di Indonesia

2.      Memberikan contoh hasil kebudayaan praaksaran di Indonesia baik dalam bentuk benda maupun non benda

3.      Mengkaitkan hasil kebudayaan masyarakat praaksara yang masih berlanjut hingga masa kini

10.8 Menjelaskan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto Melayu, Deutero Melayu)

1.      Menjelaskan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berdasrakan pada teori-teori yang ada

2.      Mengidentifikasi asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia berdasarkan pada kesamaan fisik dan juga non fisik

10.9 Mengaitkan  hubungan antara kehidupan awal manusia di Indonesia dengan dunia

1.      Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di Asia

2.      Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di Eropa

3.      Menjelaskan jenis-jenis manusia praaksara di Afrika

4.      Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antara manusia praaksara di Indonesia dengan yang ada di Asia, Eropa, dan Afrika

10.10 Membuat sebuah video singkat mengenai penjelasan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia disertai dengan bukti-bukti peninggalannya berdasarkan pada teori-teori yang ada

1.      Membuat video singkat (bias berupa vlog, liputan, penjelasan), dengan durasi maksimal 15 menit

2.      Menayangkan video yang telah dibuat pada media sosial

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama