Jenis-jenis sumber sejarah

Jenis-jenis sumber sejarah

Data atau sumber sejarah menurut bentuknya terbagi menjadi sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Berikut adalah penjelasan singkat terhadap masing-masing data atau sumber sejarah tersebut:

1. Sumber tertulis

Sumber tertulis adalah keterangan tentang peristiwa masa lalu yang disampaikan secara tertulis dengan mengguakan media tulis sepeti batu dan kertas. Sumber terulis dengan menggunakan batu disebut prasasti. Dari keterangan prasasti itulah kita mengetahui adanya kerajaan Kutai di Kalimantan Timur dan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Keduanya dipercaya sebagai kerajaan tertua di Indonesia, dan keduanya menganut agama Hindu.Selain prasasti, ditemukan pula sumber tertulis berupa naskah, teks, dokumen, kronik babad, surat kabar, dll. Informasi yang diberikan media kertas lebih banyak dan lebih lengkap bila dibandingkan media batu.
 Gambar: Naskah kuno

Gambar: Prasasti Ciaruteun



2. Sumber lisan 

Data atau sumber sejarah tidak semuanya ditulis, banyak juga data atau sumber sejarah yang tidak tertulis. Jenis data atau sumber sejarah ini disebut sumber lisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang berupa tuturan langsung dari pelaku sejarah atau orang yang melihat secara langsung peristiwa sejarah.Cara memperolehnya melalui teknik wawancara kepada pelaku atau saksi sejarah. 
a. Pelaku sejarah adalah orang yang secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah. 
Contoh: Pelaku sejarah dalam perjuangan kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan, peristiwa gerakan 30 September 1965, ataupun peristiwa reformasi pada tahun 1998. 
b. Saksi sejarah ialah orang yang mengetahui suatu peristiwa sejarah, tetapi tidak terlibat secara langsung. Contoh: Petani yang menyaksikan pertempuran pada masa perang kemerdekaan, atau masyarakat sekitar tempat tinggal Presiden Sekarno di jalan Pegangsaan Timur yang menyaksikan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, atau orang-orang yang menyaksikan sekitar peristiwa Gerakan 30 September 1965 maupun Reformasi tahun 1998.
Saksi sejarah seorang veteran TNI

3. Sumber benda
Sumber benda yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda-benda kebudayaan, misalnya, alat-alat atau benda budaya, seperti kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan patung. Sebagian sumber benda ini terdapat di museum, dan sebagiannya dapat disaksikan langsung di lokasi, seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan lain sebagainya. 


Gambar. Uang zaman kerajaan Majapahit










Post a Comment

Lebih baru Lebih lama