Hasil Asesmen Sumatif Sejarah Kelas X


 

Download File dibawah ini:


Ketentuan Remidi:
  1. Nilai dibawah KKTP (70)
  2. Nilai sudah bagus boleh ikut mengerjakan lagi
  3. soal berada dibawah ini dan wajib ditulis
  4. dijawab dikertas folio atau hvs
  5. dikumpulkan dimeja pak ulin diruang guru
  6. batas waktu sampai hari jumat pukul 12.00

Soal :
  1. Kalian tentunya sudah tak asing lagi dengan  Candi Prambanan,  Candi Borobudur, atau beberapa peninggalan lainnya, yang telah tersebar di Indonesia, serta dijadikan sebagai objek wisata. Pengaruh Hindu Budha di Indonesia ini berlangsung lebih dari 10 abad. Tersebar luasnya mengenai pengaruh itu membuat sebuah pertanyaan bagaimana kebudayaan Hindu Budha di Indonesia dapat masuk ke Indonesia?
  2. teori ini pertama masuknya pengaruh Hindu Budha di Indonesia, dikemukakan oleh seorang bernama Jacob Cornelis Van Liur. Teori menerangkan bahwa pengaruh Hindu Budha di Indonesia dibawa oleh  kalangan pemuka agama yang berasal dari India. Teori ini berlandaskan pada prasasti peninggalan kerajaan Hindu Budha yang ada di Indonesia pada masa lalu. teori apakah yang dimaksud? dan apa kelemahan dan kelebihan dari teori tersbut?
  3. Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan kuno yang berkuasa di wilayah Pulau Jawa bagian barat dari abad ke-4 hingga ke-7 Masehi. Kerajaan ini didirikan oleh Jayasingawarman pada tahun 358 M dan mencapai masa kejayaan di bawah kepemimpinan Purnawarman, cucu dari pendiri kerajaan tersebut. coba kamu jelaskan bagaimana kehidupan politik dan ekonomi kerajaan Tarumanegara?
  4. Salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit adalah Perang Paregreg. Perang ini terjadi ketika posisi kepemimpinan Kerajaan Majapahit digantikan oleh keponakan sekaligus menantu Hayam Wuruk. ceritakan bagaimana terjadinya perang paregreg!
  5. Adanya akulturasi budaya Hindu dan Buddha dengan budaya Indonesia memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat Indonesia. berikan contoh akulturasi tersebut!
  6. Teori Arab atau Teori Makkah menyatakan bahwa proses masuknya Islam di Indonesia berlangsung saat abad ke-7 Masehi. Jelaskan kenapa bagaimana teori arab ini sangat kuat pengaruhnya dalam penyebaran agama islam di Indonesia!
  7.   Islam diyakini telah masuk di bumi Nusantara ini sejak abad ke-7 Masehi. Islam masuk melalui Pantai Barat Sumatera, tepatnya di Barus. Bukti yang menyebut Islam masuk pada abad ke-7 di antaranya ditunjukkan oleh berita China dari zaman Dinasti Tang. apa buktinya?
  8. Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah, salah satu putra dari raja Majapahit dari istri raja yang berasal dari Cina yang telah masuk Islam. Ceritakan bagaimana perjuangan Raden Patah dalam mendirikan kerajaan Demak!
  9. Kerajaan Mataram Islam merupakan kerajaan yang didirikan oleh Panembahan Senopati atau Danang Sutawijaya pada akhir abad ke 16. Namun dalam perkembangannya terjadi konflik yang mengakibatkan perpecahan, hingga akhirnya terpecah menjadi dua kerajaan pada 13 Februari 1755. Jelaskan perpecahan yang terjadi pada kerajaan Mataram!
  10. Seni dan arsitektur bangunan Islam di Indonesia sangat unik, menarik dan akulturatif. Seni bangunan yang menonjol di zaman perkembangan Islam di Indonesia adalah masjid, menara dan makam. Seni bangunan Islam yang menonjol adalah masjid yang berfungsi utama sebagai tempat beribadah. Selain itu juga sebagai pusat kebudayaan bagi orang-orang Muslim. Contoh bangunan masjid kuno adalah Masjid Menara Kudus dan Masjid Banten. Jelaskan akulturasi yang terjadi pada Masjid Menara Kudus!




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama