SEJARAH
PEMINATAN
Kompetensi
dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan
pembelajaran kelas X, XI, dan XII disajikan
pada tabel berikut.
A.
Kelas X
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1
Menganalisis kehidupan
manusia dalam ruang dan waktu. 3.2
Menganalisis kehidupan
manusia dalam perubahan dan keberlanjutan 3.3 Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah
tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini 4.1 Menyajikan hasil kajian tentang
keterkaitan kehidupan manusia dalam ruang dan waktu dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain 4.2 Menyajikan hasil telaah dalam bentuk
tertulis tentang keterkaitan kehidupan manusia dalam perubahan dan
keberlanjutan 4.3 Membuat
tulisan tentang hasil kajian mengenai keterkaitan kehidupan masa lalu untuk
kehidupan masa kini |
Kehidupan manusia dalam ruang dan waktu dalam
perubahan dan keberlanjutan · Keterkaitan manusia hidup dalam konsep ruang
dan waktu · Keterkaitan manusia hidup dalam perubahan dan
keberlanjut-an · Keterkaitan tentang sejarah manusia masa lalu
untuk kehidupan masa kini |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/ menonton video dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni. ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai sejarah sebagai ilmu,
kisah, peristiwa, dan seni ·
Membuat hasil
penelaahan dalam bentuk tulisan dan/atau media lain mengenai sejarah sebagai
ilmu, kisah, peristiwa, dan seni |
3.4 Menganalisis sejarah sebagai ilmu,
peristiwa, kisah, dan seni 4.4 Menyajikan hasil telaah tentang sejarah
sebagai ilmu, peristiwa, kisah dan seni dalam bentuk tulisan dan/atau media
lain |
Sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni · Sejarah sebagai ilmu · Sejarah sebagai kisah · Sejarah sebagai peristiwa · Sejarah sebagai seni |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/ menonton video dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai sejarah sebagai ilmu, kisah, peristiwa, dan seni ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai sejarah sebagai ilmu,
kisah, peristiwa, dan seni ·
Membuat hasil
penelaahan dalam bentuk tulisan dan/atau media lain mengenai sejarah sebagai
ilmu, kisah, peristiwa, dan seni |
3.5 Menganalisis cara berpikir diakronik dan
sinkronik dalam karya sejarah 4.5 Menyajikan hasil telaah tentang penerapan
cara berpikir diakronik dan sinkronik
dalam karya sejarah melalui tulisan dan/atau media lain |
Berpikir sejarah (diakronik dan sinkronik) · Berpikir sejarah diakronik · Berpikir sejarah sinkronik |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/ menonton video dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai cara berpikir sejarah (diakronik dan sinkronik) dalam mempelajari
peristiwa-peristiwa sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai cara berpikir sejarah (diakronik dan sinkronik) dalam mempelajari
peristiwa-peristiwa sejarah serta contoh-contoh penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai cara berpikir sejarah (diakronik dan sinkronik)
dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah serta contoh-contoh
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai cara berpikir sejarah (diakronik dan
sinkronik) melalui kajian terhadap beberapa peristiwa sejarah ·
Membuat hasil kajian
dalam bentuk tulisandan/atau media lain mengenai cara berpikir sejarah
(diakronik dan sinkronik) dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah |
3.6 Mengevaluasi kelebihan dan kekurangan
berbagai bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstual, nontekstual,
kebendaan, visual, audiovisual, tradisi lisan) 4.6 Menyajikan hasil evaluasi kelebihan dan
kekurangan berbagai bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, tekstual,
nontekstual, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi lisan) dalam bentuk
tulisan dan/atau media lain |
Sumber sejarah · Artefak · Fosil · Bukti tekstual · Kebendaan · Visual · Audio visual · Tradisi lisan |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/ menonton video dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai bentuk/jenis sumber sejarah
(artefak, fosil, bukti tekstual, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi
lisan) ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
berkaitan dengan bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, bukti tekstual,
kebendaan, visual, audiovisual, tradisi lisan) ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber berdasarkan pertanyaan yang diajukan peserta didik terkait
bentuk/jenis sumber sejarah (artefak, fosil, bukti tekstual, kebendaan, visual,
audiovisual, tradisi lisan) ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenaibentuk/jenis sumber
sejarah (artefak, fosil, bukti tekstual, kebendaan, visual, audiovisual,
tradisi lisan) serta melihat kedudukannya dalam ilmu sejarah ·
Membuat hasil kajian
dalam bentuk tulisan dan/atau media lain mengenai bentuk/jenis sumber sejarah
(artefak, fosil, bukti tekstual, kebendaan, visual, audiovisual, tradisi
lisan) serta melihat kedudukannya dalam ilmu sejarah |
3.7 Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik,
kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi, dan penulisan sejarah) 4.7 Menerapkan langkah-langkah penelitian
sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/ eksplanasi dan penulisan
sejarah) dalam mempelajari sumber sejarah yang ada di sekitarnya |
Penelitian sejarah · Heuristik · Kritik/verifi-kasi · Interpretasi/eksplanasi · Penulisan sejarah |
·
Membaca buku teks
dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik,
kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi, dan penulisan sejarah) ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi,
interpretasi/eksplanasi, dan penulisan sejarah) ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik,
kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi, dan penulisan sejarah) ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai langkah-langkah
penelitian sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi,
dan penulisan sejarah) ·
Menyajikan dalam
bentuk tulisan dan/atau media lain hasil analisis berbagai langkah penelitian
sejarah (heuristik, kritik/verifikasi, interpretasi/eksplanasi dan penulisan
sejarah) |
3.8 Menganalisis ciri-ciri dari historiografi
tradisional, kolonial, dan modern 4.8 Menyajikan hasil kajian ciri-ciri
historiografi tradisional, kolonial, dan modern dalam bentuk tulisan dan/atau
media lain |
Historiografi
tradisional, kolonial, dan modern · Historiografi tradisional · Historiografi kolonial · Historiografi modern |
·
Membaca buku teks
dan/atau menyimak penjelasan guru tentang
ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
tentang ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan
modern ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai jenis historiografi
berdasarkan ciri-cirinya ·
Menyajikan dalam
bentuk tulisan dan/atau media lain hasil klasifikasi ciri-ciri historiografi
tradisional, kolonial, dan modern |
3.9 Menganalisis persamaan dan perbedaan antara
manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam aspek fisik dan
nonfisik 4.9 Menyajikan hasil analisis mengenai persamaan
dan perbedaan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern
dalam aspek fisik dan nonfisik dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Persamaan dan
perbedaan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern
dalam aspek fisik dan non fisik · Manusia purba Indonesia · Manusia purba dunia · Manusia modern |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/menonton video/film dan/atau menyimak penjelasan guru
tentang persamaan dan perbedaan antara manusia purba Indonesia dan dunia
dengan manusia modern dalam aspek fisik dan non fisik ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
tentang persamaan dan perbedaan antara manusia purba Indonesia dan dunia
dengan manusia modern dalam aspek fisik dan non fisik ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai persamaan dan perbedaan antara manusia purba
Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam aspek fisik dan non fisik ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai persamaan dan
perbedaan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam
aspek fisik dan non fisik ·
Menyajikan hasil
analisis berbentuk tulisan dan/atau media lain tentang persamaan dan perbedaan antara manusia
purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam aspek fisik dan non
fisik |
3.10 Menganalisis kehidupan awal manusia Indonesia
dalam aspek kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta
pengaruhnya dalam kehidupan masa kini 4.10 Menarik kesimpulan dari hasil analisis
mengenai keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia pada aspek kepercayaan,
sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi, serta pengaruhnya dalam kehidupan
masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Kehidupan awal manusia Indonesia pada aspek
kepercayaan, sosial budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam
kehidupan masa kini · Aspek kepercayaan · Aspek sosial budaya · Aspek ekonomi · Teknologi |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/menonton video/film, dan/atau mengamati situs-situs yang
terkait kehidupan awal manusia Indonesia pada aspek kepercayaan, sosial
budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai kehidupan awal manusia Indonesia pada aspek kepercayaan, sosial
budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait pertanyaan mengenai kehidupan awal manusia Indonesia
pada aspek kepercayaan, sosial budaya, ekonomi, dan teknologi serta
pengaruhnya dalam kehidupan masa kini ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai kehidupan awal manusia Indonesia pada aspek
kepercayaan, sosial budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan
masa kini ·
Menyajikan hasil
analisis dalam bentuk tulisandan/atau
media lain berupa kesimpulan mengenai kehidupan awal manusia Indonesia pada
aspek kepercayaan, sosial budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya
dalam kehidupan masa kini |
3.11 Menganalisis peradaban awal dunia serta
keterkaitannya dengan peradaban masa kini pada aspek lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial 4.11 Menyajikan hasil analisis peradaban awal
dunia serta keterkaitannya dengan peradaban masa kini pada aspek lingkungan,
hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial dalam bentuk tulisan dan/atau
media lain |
Peradaban awal dunia
serta keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial · Peradaban awal dunia · Peradaban awal Asia · Peradaban awal Afrika · Peradaban awal Eropa · Peradaban awal Amerika |
·
Membaca buku
teks/melihat gambar/ menonton video/film dan/atau menyimak penjelasan guru
tentang peradaban awal dunia serta
keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan,
pemerintahan, dan sosial ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai peradaban awal dunia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini
pada aspek lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait pertanyaan mengenai peradaban awal dunia serta
keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan mengenai peradaban awal dunia
serta keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan, hukum,
kepercayaan, pemerintahan, dan sosial ·
Menyajikan hasil
analisis dalam bentuk tulisan dan/ atau media lain mengenai peradaban awal
dunia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini pada aspek lingkungan,
hukum, kepercayaan, pemerintahan, dan sosial |
B.
Kelas XI
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Menganalisis kerajaan-kerajaan maritim
Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial,
ekonomi, dan kebudayaan serta
pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini 4.1 Menyajikan hasil analisis tentang kerajaan-kerajaan
maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan,
sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta
pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini dalam bentuk
tulisan dan/atau media lain |
Kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa
Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan
serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini · Kerajaan maritim Hindu dan Buddha · Sistem pemerintahan · Sistem sosial · sistem ekonomi · sistem kebudaya-an · pengaruh Hindu dan Buddha dalam kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar/peta, menonton video, dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam
sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa kini ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam
sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat
Indonesia pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu
dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa kini ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait kerajaan-kerajaan
maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan,
sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat
Indonesia pada masa kini ·
Membuat laporan hasil
analisis dalam bentuk tulisan dan/atau media lain mengenai kerajaan-kerajaan
maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan,
sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta
pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini |
3.2 Menganalisis kerajaan-kerajaan maritim
Indonesia pada masa Islam dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan
kebudayaan serta pengaruhnya dalam
kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang
kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Islam dalam sistem
pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan
serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini
dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa
Islam dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta
pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini · Kerajaan maritim Islam · Sistem pemerintahan · Sistem sosial · sistem ekonomi · sistem kebudaya-an · pengaruh Islam dalam kehidupan masyarakat
Indonesia masa kini |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar/peta, dan/atau menonton video mengenai kerajaan-kerajaan
maritim Indonesia pada masa Islam dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi,
dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam
kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Islam dalam sistem
pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan
serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Islam
dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa kini ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait kerajaan-kerajaan
maritim Indonesia pada masa Islam dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi,
dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam
kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini ·
Membuat laporan hasil
analisis dalam bentuk tulisan dan/atau media lain mengenai kerajaan-kerajaan
maritim Indonesia pada masa Islam dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi,
dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam
kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini |
3.3 Menganalisis pemikiran-pemikiran yang
melandasi peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Renaissance,
Merkantilisme, Reformasi Gereja, Aufklarung, Revolusi Industri dan
pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia serta bangsa lain di dunia pada
masa kini 4.3 Membuat
karya tulis tentang pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa-peristiwa
penting di Eropa antara lain: Renaissance, Merkantilisme, Reformasi Gereja,
Aufklarung, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia
dan bangsa lain di dunia pada masa kini |
Pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa
penting di Eropa; Renaissance, Merkantilisme, Reformasi Gereja, Aufklarung,
Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia serta
bangsa lain didunia pada masa kini. · Renaissan-ce, · Merkantilis-me · Reformasi Gereja, · Aufklarung · Revolusi Industri dan · Pengaruh-nya faham-faham tersebut bagi
kehidupan bangsa Indonesia serta bangsa lain di dunia pada masa kini. |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar, menonton video/film, dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa-peristiwa penting di
Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Aufklarung, Reformasi Gereja,
Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia serta
bangsa lain di dunia pada masa kini ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa-peristiwa penting di
Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Aufklarung, Reformasi Gereja,
Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa
lain di dunia pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait pemikiran-pemikiran yang melandasi
peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance,
Aufklarung, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi
kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa kini ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait pemikiran-pemikiran
yang melandasi peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain:
Merkantilisme, Renaissance, Aufklarung, Reformasi Gereja, Revolusi Industri
dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada
masa kini ·
Membuat karya tulis
tentang pemikiran-pemikiran yang melandasi peristiwa-peristiwa penting di
Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Aufklarung, Reformasi Gereja,
Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa
lain di dunia pada masa kini |
3.4 Menganalisis pemikiran-pemikiran yang
melandasi revolusi-revolusi besar dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan Indonesia)
dan pengaruhnya bagi kehidupan umat manusia pada masa kini 4.4 Menyajikan hasil analisis tentang
pemikiran-pemikiran yang melandasi
revolusi-revolusi besar dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia, dan
Indonesia) dan pengaruhnya bagi umat manusia pada masa kini dalam bentuk
tulisan dan/atau media lain |
Pemikiran-pemikiran yang melandasi
revolusi-revolusi besar dunia dan pengaruhnya bagi umat manusia pada masa
kini · Revolusi Amerika · Revolusi Perancis · Revolusi Cina · Revolusi Rusia · Revolusi Indonesia |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar, menonton video/film, dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai pemikiran-pemikiran yang melandasi
revolusi-revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia, dan
Indonesia) dan pengaruhnya bagi kehidupan umat manusia pada masa kini ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai pemikiran-pemikiran yang melandasi revolusi-revolusi besar dunia
(Perancis, Amerika, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan pengaruhnya bagi
kehidupan umat manusia pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait pemikiran- pemikiran yang melandasi revolusi-revolusi besar dunia (Perancis,
Amerika, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan pengaruhnya bagi kehidupan umat
manusia pada masa kini ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait pemikiran- pemikiran
yang melandasi revolusi-revolusi besar
dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan pengaruhnya bagi
kehidupan umat manusia pada masa kini ·
Membuat laporan dalam
bentuk tulisan dan/atau media lain mengenai pemikiran- pemikiran yang
melandasi revolusi-revolusi besar
dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia, dan Indonesia) dan pengaruhnya bagi
kehidupan umat manusia pada masa kini |
3.5 Menganalisis hubungan perkembangan
paham-paham besar seperti demokrasi, liberalisme, sosialisme, nasionalisme,
Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika |
Hubungan perkembangan faham-faham besar dengan
gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa kini · Faham demokrasi dan hubungan-nya dengan
nasionalis-me di Asia-Afrika · Faham liberalisme dan hubungan-nya dengan
nasionalis-me di Asia-Afrika · Faham sosialisme dan hubungan-nya dengan
nasionalis-me di Asia-Afrika · Faham nasionalis-me dan hubungannya dengan
nasionalis-me di Asia-Afrika · Faham Pan Islamisme dan hubungan-nya dengan
nasionalis-me di Asia-Afrika |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar, menonton video/film, dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme,
liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme
di Asia-Afrika pada masa kini ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme,
liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme
di Asia-Afrika pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber terkait hubungan perkembangan faham-faham besar seperti
nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan
gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa kini ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait hubungan perkembangan
faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi,
Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa kini ·
Menyajikan hasil
analisis tentang hubungan perkembangan
faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi,
Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa kini, dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.6 Menganalisis pengaruh Perang Dunia I dan
Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB) 4.6 Menyajikan hasil analisis tentang
pengaruh Perang Dunia I dan Perang
Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB) dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
Pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II
terhadap kehidupan politik global · LBB · PBB |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar, menonton video/film, dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai pengaruh Perang Dunia I dan
Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB) ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai pengaruh Perang Dunia I dan
Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB) ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai pengaruh
Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global
(LBB dan PBB) ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulandari data yang dikumpulkan terkait pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II terhadap
kehidupan politik global (LBB dan PBB) ·
Menyajikan hasil
analisis tentang pengaruh Perang Dunia
I dan Perang Dunia II terhadap kehidupan politik global (LBB dan PBB) dalam
bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.7 Menganalisis respon bangsa Indonesia
terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam bidang politik (organisasi
pergerakan), ekonomi (bentuk perlawanan terhadap praktik monopoli),
sosial-budaya (karya seni dan sastra), dan pendidikan (Taman Siswa, Kayu
Tanam) 4.7 Menyajikan hasil analisis respon bangsa
Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam bidang politik,
ekonomi, sosial-budaya, dan pendidikan dalam bentuk tulisan dan/atau media
lain |
Respon Bangsa Indonesia terhadap imperialisme
dan kolonialisme · di bidang politik · di bidang ekonomi · di bidang sosial budaya · di bidang pendidikan |
·
Membaca buku teks,
melihat gambar, menonton video/film, dan/atau menyimak penjelasan guru
mengenai respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam
bidang politik (organisasi pergerakan), ekonomi (bentuk perlawanan terhadap
praktik monopoli), sosial-budaya (karya seni dan sastra), dan pendidikan
(Taman Siswa, Kayu Tanam) ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi
tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai respon bangsa
Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam bidang politik
(organisasi pergerakan), ekonomi (bentuk perlawanan terhadap praktik
monopoli), sosial-budaya (karya seni dan sastra), dan pendidikan (Taman
Siswa, Kayu Tanam) ·
Mengumpulkan data dari
berbagai sumber mengenai respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan
kolonialisme dalam bidang politik (organisasi pergerakan), ekonomi (bentuk
perlawanan terhadap praktik monopoli), sosial-budaya (karya seni dan sastra),
dan pendidikan (Taman Siswa, Kayu Tanam) ·
Menganalisis dan
menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait respon bangsa Indonesia
terhadap imperialisme dan kolonialisme dalam bidang politik (organisasi
pergerakan), ekonomi (bentuk perlawanan terhadap praktik monopoli),
sosial-budaya (karya seni dan sastra), dan pendidikan (Taman Siswa, Kayu
Tanam) ·
Menyajikan hasil
analisis tentang respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme
dalam bidang politik (organisasi pergerakan), ekonomi (bentuk perlawanan
terhadap praktik monopoli), sosial-budaya (karya seni dan sastra), dan
pendidikan (Taman Siswa, Kayu Tanam)dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.8 Menganalisis akar-akar nasionalisme
Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini 4.8 Menyajikan hasil telaah tentang akar-akar
nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya
bagi masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Akar-akar nasionalisme di Indonesia dan
pengaruh-nya pada masa kini · Akar nasionalis-me |
· Membaca
buku teks, melihat gambar, menonton video/film, dan/atau menyimak penjelasan
guru mengenaiakar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum
dipahami/informasi tambahan yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi
mengenai akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini · Mengumpulkan
data dari berbagai sumber mengenai akar-akar nasionalisme Indonesia dan
pengaruhnya pada masa kini · Menganalisis
dan menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan akar-akar nasionalisme
Indonesia dan pengaruhnya pada masa kini · Menyajikan
gambaran tentang akar-akar nasionalisme Indonesia dan pengaruhnya pada masa kinidalam
bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.9 Menganalisis akar-akar demokrasi di
Indonesia dan perkembangannya pada masa kini 4.9 Menyajikan hasil telaah tentang akar-akar
demokrasi di Indonesia dan perkembangannya pada masa kini dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
Akar-akar
demokasi di Indonesia dan perkembangannya pada masa kini ·
Akar demokrasi |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai akar-akar demokrasi di Indonesia
dan perkembangannya pada masa kini ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai akar-akar demokrasi di
Indonesia dan perkembangannya pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber berdasarkan
pertanyaan yang diajukan peserta didik mengenai akar-akar demokrasi di
Indonesia dan perkembangannya pada masa kini ·
Menganalisis dan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan mengenai akar-akar demokrasi di Indonesia dan perkembangannya
pada masa kini ·
Menyajikan hasil telaah Menganalisis akar-akar
demokrasi di Indonesia dan perkembangannya pada masa kini dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
3.10 Menganalisis persamaan dan perbedaan tentang
strategi pergerakan nasional 4.10 Mengolah informasi tentang persamaan dan
perbedaan strategi pergerakan nasional dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah |
Pendekatan dan strategi pergerakan nasional · Pendekatan pergerakan nasional · Strategi pergerakan nasional |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai persamaan dan perbedaan tentang
strategi pergerakan nasional ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya jawab/berdiskusi
tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan yang ingin
diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai persamaan dan perbedaan tentang
strategi pergerakan nasional ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber berdasarkan
pertanyaan yang diajukan peserta didik mengenai persamaan dan perbedaan
tentang strategi pergerakan nasional ·
Menganalisis dan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan terkait persamaan dan perbedaan tentang strategi pergerakan
nasional ·
Menyajikan hasil telaah persamaan dan perbedaan
strategi pergerakan nasional dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
3.11 Menganalisis kehidupan bangsa Indonesia di
bidang sosial, ekonomi, budaya, militer, dan pendidikan pada zaman pendudukan
Jepang 4.11 Menyusun cerita sejarah tentang kehidupan
bangsa Indonesia di bidang sosial, ekonomi, budaya, militer, dan pendidikan
pada zaman pendudukan Jepang |
Kehidupan Bangsa Indonesia pada zaman
Pendudukan Jepang · Bidang sosial · Bidang ekonomi · Bidang budaya · Bidang militer · Bidang pendidikan |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai kehidupan bangsa Indonesia di
bidang sosial, ekonomi, budaya, militer, dan pendidikan pada zaman pendudukan
Jepang ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai kehidupan bangsa
Indonesia di bidang sosial, ekonomi, budaya, militer, dan pendidikan pada
zaman pendudukan Jepang ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber berdasarkan
pertanyaan yang diajukan peserta didik mengenai kehidupan bangsa Indonesia di
bidang sosial, ekonomi, budaya, militer, dan pendidikan pada zaman pendudukan
Jepang ·
Menganalisis dan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan terkait kehidupan bangsa Indonesia di bidang sosial, ekonomi,
budaya, militer, dan pendidikan pada zaman pendudukan Jepang ·
Menyajikan hasil telaah kehidupan bangsa Indonesia di
bidang sosial, ekonomi, budaya, militer, dan pendidikan pada zaman pendudukan
Jepang dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
3.12 Menganalisis pemikiran dalam Piagam PBB,
Proklamasi 17 Agustus 1945, dan
perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara
pada masa kini 4.12 Menyajikan hasil analisis tentang pemikiran
dalam Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945,
dan perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan
bernegara pada masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Pemikiran dalam Piagam PBB, Proklamasi 17
Agustus 1945, dan perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan
berbangsa dan bernegara pada masa kini · Pemikiran Piagam PBB · Pemikiran Proklamasi 17 Agustus 1945 · Pemikiran-pemikiran dalam perangkat kenegaraan |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenaipemikiran dalam Piagam PBB,
Proklamasi 17 Agustus 1945, dan
perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada
masa kini ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai pemikiran dalam Piagam
PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, dan
perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara
pada masa kini ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai
pemikiran dalam Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945, dan perangkat kenegaraan serta maknanya
bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa kini ·
Menganalisis dan menarik
kesimpulan dari data yang dikumpulkan terkait pemikiran dalam Piagam PBB,
Proklamasi 17 Agustus 1945, dan
perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara
pada masa kini. ·
Menyajikan hasil analisis mengenai pemikiran dalam
Piagam PBB, Proklamasi 17 Agustus 1945,
dan perangkat kenegaraan serta maknanya bagi kehidupan berbangsa dan
bernegara pada masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain. |
C.
Kelas XII
Alokasi waktu: 4 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1 Menganalisis secara kritis respon
Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia 4.1 Menyajikan
secara kritis respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia
dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Respon internasional terhadap Proklamasi
kemerdekaan Indonesia · Pengakuan kemerdekaan RI dari Mesir, India,
Australia · Pengakuan PBB · KMB dan sikap Belanda |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai respon Internasional terhadap
proklamasi kemerdekaan Indonesia ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai respon Internasional
terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber pertanyaan
respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia ·
Mengevaluasidan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan mengenai respon Internasional terhadap proklamasi kemerdekaan
Indonesia ·
Menyajikan hasil
analisis dan evaluasi mengenai respon Internasional terhadap proklamasi
kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.2 Mengevaluasi perkembangan IPTEK dalam era
globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia 4.2 Menyajikan hasil analisis perkembangan IPTEK dalam era
globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan
dampaknya bagi kehidupan manusia ·
teknologi luar angkasa ·
teknologi persenjata-an ·
teknologi komunika-si
dan informasi ·
teknologi transporta-si |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai perkembangan IPTEK dalam era
globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai perkembangan IPTEK
dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber terkait
pertanyaan perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi
kehidupan manusia ·
Mengevaluasidan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan mengenai perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya
bagi kehidupan manusia ·
Menyajikan hasil analisis dan evaluasi mengenai
perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.3 Menganalisis peran aktif bangsa Indonesia
pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global 4.3 Merekonstruksi
tentang peran aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya
terhadap politik dan ekonomi global dan menyajikannya dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
Peran aktif Bangsa Indonesia pada masa Perang
Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global ·
Perkemba-ngan gerakan
Non Blok ·
Perkemba-ngan ASEAN ·
Kerja sama negara-negara
kawasan Utara dan Selatan ·
Masalah Palestina |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai peran aktif bangsa Indonesia pada
masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi global ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai peran aktif bangsa
Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi
global ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai peran
aktif bangsa Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik
dan ekonomi global ·
Mengevaluasidan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan terkait peran aktif bangsa
Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi
global ·
Menyajikan hasil rekonstruksi peran aktif bangsa
Indonesia pada masa Perang Dingin dan dampaknya terhadap politik dan ekonomi
global dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.4 Menganalisis sejarah organisasi regional dan
global yakni NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, CENTO, ANZUS, SAARC, OPEC, APEC,
MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia 4.4 Merekonstruksi
tentang sejarah organisasi regional dan global yakni NATO, SEATO, PAKTA
WARSAWA, CENTO, ANZUS, SAARC, OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA
dan pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk
tulisan dan/atau media lain |
Organisasi regional dan global yakni NATO, SEATO, PAKTA
WARSAWA, ANZUS, OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan
pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia. ·
Organisasi militer
regional dan global ·
Organisasi ekonomi
regional dan global |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai sejarah organisasi regional dan
global yakni NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, CENTO, ANZUS, SAARC, OPEC, APEC,
MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan pengaruhnya terhadap bangsa Indonesia ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai sejarah organisasi
regional dan global yakni NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, CENTO, ANZUS, SAARC,
OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan pengaruhnya terhadap
bangsa Indonesia ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai sejarah
organisasi regional dan global yakni NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, CENTO,
ANZUS, SAARC, OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan pengaruhnya
terhadap bangsa Indonesia ·
Mengevaluasidan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan terkait sejarah organisasi
regional dan global yakni NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, CENTO, ANZUS, SAARC,
OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan pengaruhnya terhadap
bangsa Indonesia ·
Menyajikan hasil rekonstruksi sejarah organisasi
regional dan global yakni NATO, SEATO, PAKTA WARSAWA, CENTO, ANZUS, SAARC,
OPEC, APEC, MEE, GATT, WTO, AFTA, NAFTA, CAFTA dan pengaruhnya terhadap
bangsa Indonesia dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.5 Mengevaluasi sejarah kontemporer dunia
antara lain runtuhnya Vietnam Selatan,
Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia 4.5 Merekonstruksi sejarah kontemporer dunia
antara lain runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR,
Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia dan menyajikannya dalam bentuk tulisan
dan/atau media lain |
Peristiwa
kontemporer dunia antara lain
runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur,
Yugoslavia, Cekoslowakia ·
Runtuhnya Vietnam
Selatan ·
Hapusnya Apartheid
di Afrika Selatan ·
Perpecahan USSR ·
Runtuhnya Jerman Timur ·
Perpecahan Yugoslavia ·
Perpecahan
Cekoslowakia ·
People Power Filiphina |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai sejarah kontemporer dunia antara
lain runtuhnya Vietnam Selatan,
Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai sejarah kontemporer
dunia antara lain runtuhnya Vietnam
Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia,
Cekoslowakia ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber berdasarkan
pertanyaan yang diajukan peserta didik mengenai sejarah kontemporer dunia
antara lain runtuhnya Vietnam Selatan,
Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia ·
Mengevaluasi dan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan terkait sejarah
kontemporer dunia antara lain
runtuhnya Vietnam Selatan, Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman
Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia ·
Menyajikan hasil rekonstruksi sejarah kontemporer dunia
antara lain runtuhnya Vietnam Selatan,
Apartheid di Afrika Selatan, USSR, Jerman Timur, Yugoslavia, Cekoslowakia
dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
3.6 Menganalisis konflik-konflik di
Timur-Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Eropa, Afrika, dan
Amerika Latin 4.6 Menyajikan hasil analisis tentang
konflik-konflik Timur-Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Timur, Eropa,
Afrika dan Amerika Latin dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Konflik-konflik di Timur-Tengah (Perang Teluk
I, II, III), Asia Tenggara (Kasus Indo Cina) , Asia Selatan (Kasus
Bangladesh), Asia Timur, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin |
·
Membaca buku teks, melihat gambar, menonton video/film,
dan/atau menyimak penjelasan guru mengenai Konflik-konflik di Timur-Tengah
(Perang Teluk I, II, III), Asia Tenggara (Kasus Indo Cina) , Asia Selatan
(Kasus Bangladesh), Asia Timur, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin ·
Membuat dan mengajukan pertanyaan/Tanya
jawab/berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami/informasi tambahan
yang ingin diketahui/atau sebagai klarifikasi mengenai Konflik-konflik di
Timur-Tengah (Perang Teluk I, II, III), Asia Tenggara (Kasus Indo Cina), Asia
Selatan (Kasus Bangladesh), Asia Timur, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin ·
Mengumpulkan data dari berbagai sumber berdasarkan
pertanyaan yang diajukan mengenai Konflik-konflik di Timur-Tengah (Perang
Teluk I, II, III), Asia Tenggara (Kasus Indo Cina) , Asia Selatan (Kasus
Bangladesh), Asia Timur, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin ·
Mengevaluasi dan menarik kesimpulan dari data yang
dikumpulkan terkait Konflik-konflik di Timur-Tengah (Perang Teluk I, II,
III), Asia Tenggara (Kasus Indo Cina) , Asia Selatan (Kasus Bangladesh), Asia
Timur, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin ·
Menyajikan hasil hasil
analisis tentang konflik-konflik Timur-Tengah, Asia Tenggara, Asia Selatan,
Asia Timur, Eropa, Afrika dan Amerika Latin dalam bentuk tulisan dan/atau
media lain |
Kompetensi dasar, materi pembelajaran,
dan kegiatan pembelajaran kelas X, XI, dan
XII disajikan pada tabel berikut.
A.
Kelas X
Alokasi waktu: 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1
Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik,
sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah 4.1
Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik,
sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau
bentuk lain |
Cara Berpikir Sejarah · Cara
berpikir kronologis dalam mempelajari sejarah · Cara
berpikir diakronik dalam mempelajari sejarah · Cara
berpikir sinkronik dalam mempelajari sejarah |
· Membaca buku teks dan/melihat tayangan film pendek tentang aktivitas manusia sehari-hari · Membuat dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi
tentang informasi tambahan yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi
tentang konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu
dalam sejarah · Mengumpulkan informasi terkait dengan konsep berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah dari sumber
tertulis, sumber lainnya dan/atau internet. · Menganalisis hasil informasi mendapatkan kesimpulan tentang
konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam
sejarah · Menyajikan secara tertulis kesimpulan tentang konsep
berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah |
3.2
Memahami konsep perubahan dan keberlanjutan dalam
sejarah 4.2
Menerapkan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam mengkaji peristiwa
sejarah |
Konsep Perubahan dan Keberlanjutan · Makna
perubahan · Makna
keberlanjutan |
·
Membaca buku teks
dan/melihat tayangan film pendek tentang aktivitas manusia sehari-hari ·
Membuat dan mengajukan
pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan yang belum
dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang konsep perubahan dan
keberlanjutan dalam sejarah ·
Mengumpulkan
informasi terkait dengan konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah
dari sumber tertulis, sumber lainnya dan/atau internet ·
Menganalisis hasil
informasi mendapatkan kesimpulan tentang konsep perubahan dan berkelanjutan
dalam sejarah ·
Menyajikan secara
tertulis kesimpulan tentang konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah |
3.3
Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul
nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero Melayu) 3.4
Memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat
praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat 4.2
Menyajikan informasi mengenai kehidupan manusia purba
dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (Melanesoid, Proto, dan Deutero
Melayu) dalam bentuk tulisan 4.3
Menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya
masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan
terdekat dalam bentuk tulisan |
Indonesia Zaman Praaksara: Awal Kehidupan Manusia
Indonesia ·
Manusia purba ·
Asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia ·
Corak kehidupan masyarakat ·
Hasil-hasil budaya masyarakat ·
Nilai-nilai budaya masyarakat |
· Membaca
buku teks dan/atau melihat gambar-gambar tentang aktifitas kehidupan
masyarakat zaman praaksara, peta persebaran asal-usul nenek moyang bangsa
Indonesia dan peninggalan hasil kebudayaan
pada zaman praaksara. · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi
tentang kehidupan manusia
purba, asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia, hasil-hasil budaya dan
nilai-nilai budaya zaman praaksara · Mengumpulkan
informasi terkait dengan pertanyaan mengenai kehidupan manusia purba, asal-usul nenek moyang
bangsa Indonesia, hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara
melalui bacaan sumber-sumber yang ada di
museum atau peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber lain yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang
kehidupan manusia purba, asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia, hasil-hasil
dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia · Menyajikan
informasi dalam bentuk laporan tertulis mengenai ; kehidupan manusia purba,
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia, hasil-hasil dan nilai-nilai budaya
masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan
terdekat |
3.5
Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya
agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia 3.6
Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat,
pemerintahan, dan budaya pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh
bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini 4.4
Mengolah informasi tentang proses masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia serta pengaruhnya pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan 4.5
Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang
nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu dan
Buddha yang masih berkelanjutan dalam
kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini |
Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal
dan Global Tahap Awal · Teori-teori
masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha · Kerajaan-kerajaan
Hindu dan Buddha · Bukti-bukti
kehidupan pengaruh Hindu dan Buddha yang masih ada sampai masa kini |
· Membaca
buku teks dan/atau melihat gambar-gambar peninggalan zaman Hindu dan Buddha
di Indonesia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang teori
masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha, perkembangan masyarakat,
pemerintahan dan budaya kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha, serta bukti-bukti pengaruh Hindu dan Buddha yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. · Mengumpulkan
informasi terkait dengan pertanyaan mengenai teori masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha, perkembangan masyarakat, pemerintahan dan budaya
kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha, serta bukti-bukti pengaruh Hindu dan Buddha yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber-sumber zaman
Hindu dan Budha yang ada di
museum atau peninggalan-peninggalan yang ada di
lingkungan terdekat · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun sumber-sumber lain yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang teori masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha, perkembangan masyarakat, pemerintahan dan budaya
kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha, serta bukti-bukti pengaruh Hindu dan Buddha yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini · Menyajikan
informasi dalam bentuk laporan tertulis mengenai teori masuknya agama dan
kebudayaan Hindu dan Buddha, perkembangan masyarakat, pemerintahan dan budaya
kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha, serta bukti-bukti pengaruh Hindu dan Buddha yang masih
berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
3.7
Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya
agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia 3.8
Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
serta menunjukkan contoh bukti-bukti
yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini 4.6
Mengolah informasi teori tentang proses masuknya agama
dan kebudayaan Islam ke Indonesia dengan menerapkan cara berpikir sejarah,
serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan 4.7
Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang
nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan
masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini |
Zaman Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia · Teori-teori
masuknya agama dan kebudayaan Islam · Kerajaan-kerajaan
Islam · Bukti-bukti
kehidupan pengaruh Islam yang masih ada sampai masa kini |
· Membaca
buku teks dan melihat gambar-gambar
peninggalan zaman kerajaan Islam di Indonesia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang teori
masuknya agama dan kebudayaan Islam, perkembangan kehidupan masyarakat,
pemerintahan dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta
menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat
Indonesia masa kini · Mengumpulkan
informasi terkait dengan pertanyaan tentang teori masuknya agama dan
kebudayaan Islam, perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya
pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh
bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
melalui bacaan, pengamatan terhadap sumber-sumber zaman kerajaan-kerajaan
Islam yang ada di museum atau
peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber lain yang terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang teori masuknya
agama dan kebudayaan Islam,
perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya pada masa
kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
serta menunjukkan contoh bukti-bukti
yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini · Menyajikan
informasi dalam bentuk laporan tertulis tentang teori masuknya agama dan
kebudayaan Islam, perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan dan budaya
pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh
bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini |
B.
Kelas XI
Alokasi
waktu: 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1
Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan
bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia 3.2
Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia
terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai
dengan abad ke-20 4.1
Mengolah informasi tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah 4.2
Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) sampai dengan abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah |
Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa ·
Proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa ·
Perebutan politik hegemoni bangsa Eropa ·
Strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Eropa sampai awal abad ke-20 |
· Membaca
buku teks, melihat gambar-gambar peristiwa-peristiwa penting dan
peninggalan-peninggalan masa penjajahan Eropa, serta peta lokasi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap pejajahan Barat · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Eropa, serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan
abad ke-20 · Mengumpulkan
informasi terkait dengan pertanyaan tentang proses masuk dan perkembangan
penjajahan bangsa Eropa, serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap
penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan
abad ke-20 melalui bacaan, dan sumber-sumber lain · Menganalisis informasi yang didapat dari sumber tertulis dan sumber-sumber lain untuk mendapatkan
kesimpulan tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Eropa,
serta strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa
(Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) sampai dengan abad ke-20 · Melaporkan
hasil analisis dalam bentuk tulisan cerita sejarah tentang proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Eropa, serta strategi perlawanan bangsa
Indonesia terhadap penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) sampai dengan abad ke-20 |
3.3
Menganalisis dampak politik, budaya, sosial, ekonomi,
dan pendidikan pada masa penjajahan
bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini 4.3
Menalar dampak politik, budaya, sosial, ekonomi, dan
pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam
bentuk cerita sejarah |
Dampak Penjajahan Bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) bagi
Bangsa Indonesia ·
Politik, ·
Budaya ·
Sosial-ekonomi,dan ·
Pendidikan |
· Membaca
buku teks, melihat gambar-gambar kehidupan politik,budaya, sosial, ekonomi
dan pendidikan pada zaman penjajahan Eropa di Indonesia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai
klarifikasi tentang dampak politik, budaya, sosial, ekonomi,
dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) dalam kehidupan bangsa
Indonesia masa kini. · Mengumpulkan
informasi terkait dengan pertanyaan tentang dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) dalam kehidupan
bangsa Indonesia masa kini melalui bacaan, dan sumber-sumber lain · Menganalisis informasi dan data-data yang didapat baik
dari bacaan maupun dari sumber-sumber
terkait untuk mendapatkan kesimpulan tentang dampak politik, budaya, sosial,
ekonomi, dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol,
Belanda, Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini · Melaporkan
dalam bentuk cerita sejarah tentang dampak politik, budaya, sosial, ekonomi,
dan pendidikan pada masa penjajahan bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda,
Inggris) dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini |
3.4
Menghargai nilai-nilai Sumpah Pemuda dan maknanya bagi
kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini 4.4
Menyajikan langkah-langkah dalam penerapan nilai-nilai
Sumpah Pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini
dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Pendidikan dan Pergerakan Nasional ·
Munculnya golongan elite baru Indonesia ·
Tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan ·
Organisasi-organisasi kebangsaan ·
Sumpah Pemuda |
· Membaca
buku teks, melihat gambar-gambar aktifitas organisasi pergerakan nasional,
tokoh pergerakan nasional dan pelaksanaan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi tentang
munculnya golongan elite baru Indonesia, tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan,
organisasi-organisasi kebangsaan, dan Sumpah Pemuda. · Mengumpulkan
informasi terkait dengan pertanyaan tentang munculnya golongan elite baru
Indonesia, tumbuhnya kesadaran awal kebangsaan, organisasi-organisasi
kebangsaan, dan Sumpah Pemuda melalui bacaan, dan sumber-sumber lain · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan
kesimpulan tentang munculnya golongan elite baru Indonesia, tumbuhnya
kesadaran awal kebangsaan, organisasi-organisasi kebangsaan, dan Sumpah
Pemuda · Melaporkan
dalam bentuk tulisan langkah-langkah dalam penerapan nilai-nilai Sumpah
Pemuda dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa kini |
3.5
Menganalisis sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa
Indonesia 4.5
Menalar sifat pendudukan Jepang dan respon bangsa
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
Pendudukan Jepang di Indonesia ·
Kedatangan Jepang ·
Sifat pendudukan Jepang ·
Respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang |
· Membaca
buku teks, melihat gambar-gambar peristiwa penting zaman pemerintahan pendudukan Jepang di
Indonesia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang
proses kedatangan, sifat, dan respon bangsa Indonesia terhadap
pendudukan Jepang · Mengumpulkan
informasi terkait dengan proses kedatangan, sifat, dan respon bangsa
Indonesia terhadap pendudukan Jepang melalui bacaan, internet dan
sumber-sumber lainnya · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber lain untuk mendapatkan kesimpulan
tentang proses kedatangan, sifat, dan respon bangsa Indonesia terhadap
pendudukan Jepang ·
Melaporkan hasil analisis dalam bentuk cerita sejarah tentang proses
kedatangan, sifat, dan respon bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang |
3.6
Menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah
dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia 4.6
Menulis sejarah tentang satu tokoh nasional dan tokoh
dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan |
Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan |
· Membaca
buku teks, melihat gambar-gambar tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang
peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia · Mengumpulkan
informasi terkait dengan peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui bacaan, internet dan
sumber-sumber lainnya · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait untuk mendapatkan
kesimpulan tentang peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan
kemerdekaan Indonesia · Melaporkan
hasil analisis dalam bentuk tulisan
sejarah tentang satu tokoh nasional
dan tokoh dari daerahnya yang berjuang melawan penjajahan |
3.7
Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan
maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan
bangsa Indonesia 3.8
Menganalisis peristiwa pembentukan pemerintahan pertama
Republik Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan
kebangsaan Indonesia masa kini 3.9
Menganalisis peran dan nilai-nilai perjuangan Bung
Karno dan Bung Hatta sebagai proklamator serta tokoh-tokoh lainnya sekitar
proklamasi 4.7
Menalar peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya
bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa
Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah 4.8
Menalar peristiwa pembentukan pemerintahan Republik
Indonesia pada awal kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan kebangsaan
Indonesia masa kini dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah 4.9
Menuliskan peran dan nilai-nilai perjuangan Bung Karno
dan Bung Hatta serta tokoh-tokoh lainnya sekitar proklamasi |
Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia · Peristiwa
proklamasi Kemerdekaa · Pembentukan
pemerintahan pertama RI · Tokoh
proklamator dan tokoh lainnya sekitar proklamasi |
· Membaca
buku teks, melihat gambar peristiwa-peristiwa
penting sekitar proklamasi kemerdekaan, gambar tokoh-tokoh proklamasi
kemerdekaan, dan mengunjungi objek sejarah terdekat · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi tentang
peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan pertama,dan
tokoh-tokoh proklamasi Indonesia · Mengumpulkan
informasi terkait dengan peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan
pemerintahan pertama, dan tokoh-tokoh proklamasi Indonesia. melalui bacaan,
internet dan sumber-sumber lainnya · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat
baik dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait untuk
mendapatkan kesimpulan tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan
pemerintahan pertama, dan tokoh-tokoh proklamasi Indonesia · Melaporkan
hasil analisis dalam bentuk cerita
sejarah tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan, pembentukan pemerintahan
pertama, dan menulis sejarah perjuangan Bung Karno dan Bung Hatta |
3.10
Menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa
Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Sekutu dan
Belanda 4.10
Mengolah informasi tentang strategi dan bentuk
perjuangan bangsa Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari
ancaman Sekutu dan Belanda dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah |
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dari Ancaman
Sekutu dan Belanda ·
Bentuk dan strategi perjuangan menghadapi ancaman
Sekutu ·
Bentuk dan strategi perjuangan menghadapi ancaman
Belanda |
· Membaca
buku teks dan melihat gambar-gambar
peristiwa penting dan mengunjungi objek sejarah terdekat berkaitan
dengan perjuangan mempertahankan kemerdekaan · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi tambahan
yang belum dipahami/ingin diketahui sebagai klarifikasi tentang bentuk dan strategi perjuangan
bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman Sekutu dan Belanda · Mengumpulkan
informasi terkait dengan bentuk dan strategi perjuangan bangsa Indonesia
dalam menghadapi ancaman Sekutu dan Belanda melalui bacaan dan/atau internet,
serta sumber lainnya · Menganalisis
informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari
sumber-sumber terkait lainya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang bentuk dan strategi perjuangan bangsa
Indonesia dalam menghadapi ancaman Sekutu dan Belanda · Melaporkan
hasil analisis dalam bentuk cerita sejarah tentang bentuk dan strategi
perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman Sekutu dan Belanda |
C.
Kelas XII
Alokasi
waktu: 2 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1
Menganalisis upaya
bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain:
PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI 3.2
Mengevaluasi peran
dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah dalam mempertahankan
keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 4.1
Merekonstruksi
upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara
lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta,
G-30-S/PKI dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah 4.2
Menuliskan peran
dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan
keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965 |
Perjuangan Bangsa Indonesia Dalam Mempertahankan
Integrasi Bangsa dan Negara RI ·
Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman
disintegrasi bangsa ·
Upaya bangsa Indonesia dalam mempertahankan keutuhan
wilayah NKRI Tokoh nasional dan daerah yang berjuang mempertahankan keutuhan negara
dan bangsa Indonesia pada masa 1945-1965 |
· Membaca
buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa, tokoh-tokoh
nasional dan daerah serta film dokumenter
tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan integrasi
bangsa dan negara RI · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam
mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI
serta peran tokoh Nasional dan Daerah
dalam perjuangan mempertahankan
negara dan bangsa Indonesia 1945-1965 · Mengumpulkan
informasi yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesa dalam mempertahankan
integrasi bangsa dan negara RI , serta peran tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965
melalui bacaan, dan atau internet
serta sumber sejarah lain · Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari
bacaan maupun dari sumber-sumber
terkait lainya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perjuangan bangsa
Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI, serta peran
tokoh Nasional dan Daerah dalam perjuangan
mempertahankan negara dan bangsa 1945-1965 · Melaporkan
hasil rekonstruksi dalam bentuk cerita sejarah tentang perjuangan bangsa
Indonesa dalam mempertahankan integrasi bangsa dan negara RI dan tulisan sejarah tentang salah satu tokoh
Nasional dan Daerah dalam mempertahankan keutuhan Indonesia 1945-1965 |
3.3
Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal
kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal 3.4
Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa
Demokrasi Terpimpin 4.3
Merekonstruksi
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal
kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal dan menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis 4.4
Melakukan penelitian
sederhana tentang kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Demokrasi
Terpimpin dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan Sampai dengan
Demokrasi Terpimpin · Perkembangan
kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa
awal kemerdekaan · Perkembangan
kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan budaya bangsa Indonesia pada masa
Demokrasi Liberal ·
Perkembangan kehidupan politik, ekonomi, sosial, dan
budaya bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin |
· Membaca
buku teks, melihat foto-foto peristiwa, dan film dokumenter tentang Indonesia
pada masa awal kemerdekaan, Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi tentang
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal
Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan Demokrasi Terpimpin · Mengumpulkan
informasi yang terkait dengan perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal, dan demokrasi terpimpin melalui
bacaan, dan atau internet serta sumber
sejarah lain · Mengevaluasi
informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber
terkait lainnya untuk mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan
politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi
Liberal, dan Demokrasi Terpimpin · Melaporkan
hasil rekonstruksi dan hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan
tentang perkembangan kehidupan politik
dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa Awal Kemerdekaan, Demokrasi Liberal,
dan Demokrasi Terpimpin |
3.5
Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi bangsa Indonesia pada masa
Orde Baru 3.6
Menganalisis
perkembangan kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa awal Reformasi 3.7
Mengevaluasi peran
pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia 4.5
Melakukanpenelitian
sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia
pada masa Orde Baru dan menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis 4.6
Melakukan
penelitian sederhana tentang pekembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa awal Reformasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan
tertulis 4.7
Menulis sejarah
tentang peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Masa Orde Baru Sampai
Reformasi ·
Kehidupan politik dan ekonomi pada masa Orde Baru ·
Kehidupan politik dan ekonomi pada masa Reformasi Peran pelajar, mahasiswa, dan pemuda dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia |
· Membaca
buku teks, menyimak penjelasan guru, melihat foto-foto peristiwa dan film
dokumenter tentang Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi dan peran
pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi tentang
perkembangan kehidupan politik dan
ekonomi bangsa Indonesia pada masa Orde Baru, Reformasi dan peran pelajar,
mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia · Mengumpulkan
informasi yang terkait dengan perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada
masa Orde Baru, Reformasi, dan peran pelajar, mahasiswa, pemuda dan tokoh
masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia melalui bacaan, dan atau internet serta
sumber sejarah lain · Mengevaluasi
informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainnya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang perkembangan kehidupan politik dan ekonomi
bangsa Indonesia pada masa Orde Baru dan Reformasi serta peran pelajar,
mahasiswa, pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan
ketatanegaraan Indonesia · Melaporkan
hasil penelitian sederhana dalam bentuk tulisan sejarah tentang perkembangan
kehidupan politik dan ekonomi bangsa
Indonesia pada masa Orde Baru dan Reformasi, serta peran pelajar, mahasiswa,
pemuda dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan
Indonesia |
3.8
Mengevaluasi peran
bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, Misi Garuda,
Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok,
ASEAN, OKI, dan Jakarta Informal Meeting 4.8
Menyajikan hasil
telaah tentang peran bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain:
KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, dan
Jakarta Informal Meeting serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis |
Peran
Bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia antara lain: KAA, misi Garuda, Deklarasi
Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, OKI, Jakarta Informal Meeting |
· Membaca
buku teks, melihat foto-foto dan film dokumenter tentang kontribusi bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi
tentang kontribusi bangsa
Indonesia dalam perdamaian dunia. · Mengumpulkan
informasi yang terkait dengan materi tentang
kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian dunia. melalui bacaan,
dan atau internet serta sumber sejarah
lain · Mengevaluasi
informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainnya untuk
mendapatkan kesimpulan tentang kontribusi bangsa Indonesia dalam perdamaian
dunia · Melaporkan
hasil telaah dalam bentuk tulisan sejarah tentang kontribusi bangsa Indonesia
dalam perdamaian dunia. |
3.9
Mengevaluasi kehidupan bangsa Indonesia dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada era kemerdekaan (sejak
Proklamasi sampai dengan Reformasi) 4.9 Membuat
studi evaluasi tentang kehidupan bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan dan teknologi di era kemerdekaan (sejak Proklamasi sampai dengan
Reformasi) dalam bentuk tulisan dan/atau media lain |
Prestasi Bangsa Indonesia Dalam Mengembangkan Iptek
Pada Era Kemerdekaan ·
Revolusi hijau ·
Teknologi transportasi ·
Teknologi kedirgantaraan ·
Teknologi komunikasi dan informasi ·
Teknologi arsitektur dan konstruksi |
· Membaca
buku teks, melihat foto-foto, dan/atau menonton film tentang perkembangan IPTEK di Indonesia
sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi · Membuat
dan mengajukan pertanyaan/tanya jawab/berdiskusi tentang informasi
tambahan yang belum dipahami/ingin
diketahui sebagai klarifikasi
tentang perkembangan IPTEK di
Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi · Mengumpulkan
informasi yang terkait dengan materi tentang
perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan
Reformasi · Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait lainnya untuk mendapatkan
kesimpulan tentang perkembangan IPTEK di Indonesia sejak Proklamasi sampai
dengan Reformasi) · Melaporkan
hasil studi evaluasi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan IPTEK di
Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan Reformasi |
Posting Komentar