Soal dan jawaban Sejarah Peminatan Kelas X BAB 2 KAJIAN ILMU SEJARAH

 


 

1.    Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadiankejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut ….
a. R.G. Collingwood
b. Kuntowijoyo
c. Sartono Kartodirdjo
d. R. Moh. Ali
e. Ibnu Kholdun 

 

2.    Istilah sejarah yang berasal dari kata dalam bahasa Belanda, yaitu ….
a. geschichte
b. geschiedenis
c. syajarotun
d. history
e. historia

 

3.    Pengertian sejarah sebagai kisah adalah ….
a. menunjukkan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau
b. peristiwa masa lampau yang diceritakan sendiri oleh pelakunya
c. peristiwa atau kejadian yang sudah tidak mungkin terjadi lagi
d. peristiwa masa lampau yang telah disusun menjadi tulisan atau buku
e. pengetahuan tentang masa lampau yang berkembang dalam tradisi lisan

 

4.    Pecahnya Perang Dunia II di Eropa disebabkan oleh serangan Jerman terhadap Polandia. Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sejarah bersifat ….
a. kontinuitas
b. anakronis
c. kausalitas
d. unik
e. logis

 

5.    Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki syarat-syarat sebagai berikut, kecuali….
a. memiliki teori
b. bersifat empiris
c. memiliki metode
d. memiliki objek
e. memiliki rumus pasti

 

6.    Catatan kejadian-kejadian secara singkat dari waktu ke waktu secara berurutan disebut ….
a. kronologi
b. sistematika
c. periodisasi
d. kronik
e. alur

 

7.    Pembagian sejarah menjadi masa Hindu–Buddha, masa Islam, dan masa kolonial Barat merupakan contoh ….
a. kronik
b. sistematis
c. historiograf
d. periodisasi
e. kronologi

 

8.    Sejarah memiliki sifat unik karena pada hakikatnya suatu peristiwa sejarah tidak dapat terulang atau terjadi lagi sama persis. Dengan demikian, sejarah memiliki posisi sebagai ….
a. pelajaran
b. peristiwa
c. kisah
d. seni
e. ilmu

 

9.    Peristiwa sejarah dapat mengilhami jiwa kepahlawanan seseorang. Pernyataan di atas yang paling tepat adalah manfaat sejarah dari segi ….
a. edukatif
b. rekreatif
c. instruktif
d. inspiratif
e. pedagogi

 

10.    Pernyataan di bawah ini yang paling tepat sebagai contoh kegunaan edukatif adalah ….
a. kisah sejarah membangkitkan semangat patriotisme dan nasionalisme
b. kisah sejarah membuat seseorang bijaksana menghadapi masa depan
c. kisah sejarah memberikan suatu hiburan kepada para pembacanya
d. kisah sejarah mendorong seseorang untuk cinta terhadap tanah air
e. kisah sejarah dapat mendorong seseorang menjadi lebih kreatif

 

11.    Sejarah sebagai suatu ilmu memiliki teori. Teori dalam sejarah muncul setelah sejarawan …..

a. Menemukan fakta-fakta dan bukti-bukti baru

b. Menemukan kesimpulanbaru dalam penelitian

c. Memanfaatkan ilmu-ilmu bantu dalam penulisannya

d. Menggunakan teori dan pendekatan ilmu-ilmu sosial

e. Menyelesaikan langkah-langkag dalam metode sejarah

12. Menurut Kuntowijoyo, ilmu sejarah memiliki kesamaan dengan ilmu alam karena berdasarkan pengalaman dan pengamatan. Akan tetapi, para ahli ilmu alam menggunakan laboratorium untuk melakukan pengamatan. Adapun sejarawan melakukan pengamatan melalui …….

a. Buku referensi dan sumber internet

b. Lingkungan sosial dan alam

c. Bukti-bukti dan ilmu bantu lain

d. Pemikiran dan perenungan

e. Kondisi fisik dan psikis

 

13. Sejarah telah diperbincangkan dan dibahas umat manusia sejak dahulu. Fakta tersebut menunjukkan bahwa  …..

a. Sejarah merupakan ilmu yang sulis di rekonstruksi oleh orang awam

b. Sejarah hanya berpengaruh bagi orang-orang besar

c. Masa depan seseorang dapat diprediksi  melalui ilmu sejarah

d. Sejarah memiliki kedudukan penting bagi umat manusia

e. Manusia mulai tertarik dengan kajian ilmu sejarah

 

14. Perhatikan keterangan berikut!

1) Mempunyai metode

2) Berdasarkan fakta

3) Mempunyai generalisasi

4) Bersifat empiris

5) Mempunyai ilmu bantu

Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu memliki ciri sebagai berikut …

a. 1), 2) dan 3)

b. 1), 2) dan 4)

c. 1), 3) dan 4)

d. 2), 3) dan 5)

e. 2), 4) dan 5)

 

15. Dalam kehidupan manusia peristiwa sejarah merupakan suatu peristiwa yang abadi, unik dan penting. Sebuah peristiwa sejarah dapat dikatakan penting dan dapat dijadikan momentum karena ….

a. Memberikan pelajaran dan hikmah bagi kehidupan suatu kelompok

b. Menjadi peristiwa yang selalu diperingati dan dikenang oleh masyarakat

c. Merupakan peristiwa yang hanya terjadi sekali dalamkehidupan manusia

d. Merupakan peristiwa yang tidak dapat diubah dan menjadi peristiwa abadi

e. Memiliki pengaruh besar bagi kehidupan manusia yang menjalaninya

 

  

Uraian 

1.    Uraikan pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo!

2.    Mengapa sejarah dapat juga dikatakan sebagai seni?

3.    Apa yang dimaksud dengan kontinuitas dan kausalitas?

4.    Sebutkan beberapa kegunaan sejarah bagi kehidupan manusia?

5.    Sebutkan periodisasi sejarah menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN

BAB 2 KAJIAN ILMU SEJARAH

 

1

D

2

B

3

D

4

C

5

E

6

D

7

D

8

B

9

D

10

B

11

12

C

13

D

14

C

15

E

 

 

1.    Sejarah adalah rekonstruksi masa lalu tentang apa saja yang sudah dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dan dialami seseorang. Sejarah adalah ilmu yang menuliskan pikiran pelaku, ilmu tentang sesuatu yang mempunyai makna sosial, ilmu tentang manusia, dan ilmu tentang waktu yang meliputi perkembangan, kesinambungan pengulangan, serta perubahan.

2.    Sejarah dikatakan sebagai seni karena untuk menulis sejarah dibutuhkan intuisi, imajinasi, emosi, dan gaya bahasa. Empat komponen tersebut sangat penting dalam menentukan kualitas tulisan sejarah.

3.    Kontinuitas dan kausalitas merupakan sifat sejarah. Sejarah merupakan sebuah kausalitas (sebab akibat) dan kontinuitas (kesinambungan). Setiap peristiwa yang terjadi pasti ada yang melatarbelakangi atau menyebabkan. Peristiwaperistiwa sejarah akan terus berlangsung tanpa pernah berhenti.

4.    Menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah mempunyai kegunaan genetis dan didaktis. Pengetahuan sejarah berguna memberikan hikmah dan pelajaran bagi generasi penerus. Di samping itu, menjadi suri teladan dan panutan bagi generasi penerus. Menurut Nugroho Notosusanto, sejarah mempunyai kegunaan edukatif (memberi pendidikan), kegunaan instruktif (memberi pelajaran), kegunaan inspiratif (memberi ilham), dan kegunaan rekreatif (memberi hiburan).

5.    Periodisasi yang diusulkan Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo adalah sebagai berikut.
a. Prasejarah
b. Zaman Kuno, meliputi
1) Masa Kerajaan-Kerajaan Tertua;
2) Masa Sriwijaya (Abad Ke-7–Abad Ke-14);
3) Masa Majapahit (Abad Ke-14–Abad Ke-15).
c. Zaman Baru, meliputi
1) Masa Aceh, Mataram, Makassar, Ternate/Tidore (Abad Ke-16);
2) Masa Perlawanan terhadap Imperialisme Barat (Abad Ke-19);
3) Masa Pergerakan Nasional (Abad Ke-20);
4) Masa Republik Indonesia (Sejak 1945).

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama