KRONOLOGI JERMAN BERSATU

 

 KRONOLOGI JERMAN BERSATU

Tanggal

Peristiwa

11 September 1989

Hungaria membuka perbatasan dengan Austria. Hanya dalam waktu 3 hari, sebanyak 15.000 orang mengungsi. Di akhir September, pemerintah Uni Soviet dan Jerman Timur memberikan izin kepada 6.000 pengungsi yang tinggal di Kedutaan Besar Jerman di Praha untuk meninggalkan Jerman Timur. Demonstasi besar terjadi di Alexanderplatz, Jerman Timur.

 

07 Oktober 1989

Pemerintah Republik Demokratik Jerman memerintahkan diadakannya perayaan untuk memperingati 40 tahun berdirinya negara tersebut. Sebagai reaksi terhadap hal ini, orang-orang di berbagai kota berdemonstrasi melawan rezim partai Persatuan Sosialis Jerman (Sozialistische Enheitspartei Deutschland/SED). Bentuk partisipasinya adalah mereka ikut Demonstrasi Senin di depan Karl Marx University, Leipzig, Jerman Timur.

 

09 Oktober 1989

Lebih dari 70.000 orang berbaris melalui pusat Kota Leipzig dan mengadakan demonstrasi damai untuk kebebasan berpendapat dan reformasi politik. Satu minggu berikutnya, aksi mereka diikuti oleh 120.000 orang dari seluruh Republik Demokratik Jerman.

 

18 Oktober 1989

Erich Honecker mengundurkan diri sebagai Sekretaris Jenderal SED.

 

03 November 1989

Republik Demokratik Jerman mendukung untuk meninggalkan negara itu langsung melalui perbatasan Cekoslovakia. Dua hari kemudian 15.000 warga Republik Demokratik Jerman tiba di Republik Federal melalui rute ini.

 

08 November 1989

SED menyerahkan kekuasaannya di politbiro dan mengundurkan diri. Orang-orang dari Berlin Barat naik ke atas Tembok Berlin dekat Gerbang Brandenburg.

 

09 November 1989

Simbol pemisahan dua negara Jerman berupa Tembok Berlin runtuh karena euforia, baik rakyat dari Jerman Barat maupun Jerman Timur. Tahun yang sama juga diadakan pemungutan suara dalam pemilihan ke Volkskammer (Dewan Rakyat) Republik Demokratis Jerman

 

18 Maret 1990

Pemilihan umum yang bebas diadakan di Republik Demokratik Jerman untuk pertama kalinya. Rakyat memilih Dewan Rakyat yang baru dengan menyiapkan penggabungan diri ke Republik Federal. Kemudian, diadakannya pertemuan menteri luar negeri Two-Plus-Four di Bonn.

 

05 Mei 1990

Pembicaraan para menteri luar negeri Two-Plus-Four dimulai, terdiri dari Republik Federal Jerman dan Republik Demokratik Jerman, ditambah dengan Prancis, Uni Soviet, Inggris, dan Amerika Serikat. Dalam pembicaraan itu, kekuatan-kekuatan pemenang Perang Dunia II dan menteri luar negeri kedua negara Jerman membahas penghapusan hak-hak Sekutu di Jerman.

 

18 Mei 1990

Kedua Republik Jerman menandatangai Traktat Pembentukan Uni Ekonomi, Mata Uang, dan Sosial.

 

01 Juli 1990

Republik Demokratik Jerman mengadopsi sebagian besar tatanan ekonomi dan hukum Republik Federal. Deutschmark menjadi satu-satunya alat pembayaran.

 

23 Agustus 1990

Sebelum berakhirnya negosiasi-negosiasi mengenai traktat unifikasi antara kedua negara Jerman, Dewan Rakyat memutuskan penggabungan Republik Demokratik Jerman Republik Federal pada 3 Oktober 1990. Penyeberangan perbatasan Checkpoint Charlie dihapus pada hari yang sama.

 

12 September 1990

Menteri luar negeri Amerika Serikat, Uni Soviet, Inggris, dan Prancis menandatangani Traktat ini memberikan kedaulatan penuh kepada Jerman. Sekitar satu juta orang merayakan reunifikasi di depan Gedung Reichstag di Berlin.

 

03 Oktober 1990

Pada malam 2-3 Oktober 1990, perayaan resmi untuk Hari Raya Jerman Bersatu diadakan. Kembang api menerangi langit, lonceng-lonceng mengiringi kegembiraan masyarakat. Pemilihan umum pertama seluruh Jerman diadakan pada 2 Desember 1990. Di sini, pemilih mengisi kertas suara dibilik suara.

 

02 Desember 1990

Masyarakat Jerman memilih anggota parlemen. Ini merupakan pemilihan umum bebas pertama sejak 1933.

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama